Pusat Kajian Energi

Pusa kajian energi (Puska-E) adalah sbuah unit yang berada dibawah naungan lembang penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) Universitas Islam Kalimantan MAB banjarmasin yang memiliki fungsi dan tugas mengkaji potensi-potensi energi yang ada di Kalimantan Selatan.  Puska-E terbentuk atas dasar kepedulian para akademisi yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan atas kelangkaan energi yang terjadi semakin tahun dan baknya potensi energi di kalimantan selatan yang belum termanfaatkan. Puska-E juga dibentuk atas dasar untuk pendukung program-program pemerintah dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan sesuai dengan Kebjakan Energi Nasional yang tertuang dalam Buku Putih Kebijakan Energi Tahun 2005-2025 maupun dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang tertuang dalam PP. No. 22 Tahun 2017 tentang Kebijakan Energi Tahun 2016-2050.

 

Puska-E ini merupaka disiplin ilmu yang berfokus pada energi baru dan terbarukan  yaitu kajian pada energi Air, energi angin, dan energi bahan organik dan non organik. Puska-E bergerak di bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan implementasi hasil penelitian.  Puska-E ini merupakan wadah para mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan kelmuan di bidang energi.

 

VISI

Menjadi pusat kajian energi yang unggul dan memberi konstribusi nyata dalam mengatasi persoalan energi di kalimantan Selatan.

 

VISI

  1. Melakukan penelitian energi terbarukan yang perpotensi di implementasikan di kalimantan Selatan.
  2. Meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) melalui pengabdian masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan energi yang tersedia di sekitar lingkungan masyarakat
  3. Bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi energi baru dan terbarukan yang tersedia.

BIDANG PENELITIAN

Ruang lingkup penelitian puska-E  adalah penelitian pada bidang energi baru dan terbarukan.

Topik penelitian

  1. Energi Air
  2. Energi Angin dan
  3. Energi dari bahan organik dan non organik

 

PROGRAM KAJIAN UNGGULAN JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG

Kajian Unggulan Jangka Menengan

  1. Melakukan penelitian, inovasi dan pengembangan turbin air dan turbin angin yang mampu beoperasi sesuai dengan potensi energi di Kalimantan Selatan.
  2. Melakukan kajian terhadap bahan-bahan organik dan non organik yang bisa di jadiakn energi alternatif
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk memperkenalkan bahwa ada energi alternatif yang bisa di manfaatkan di lingkungan tempat tinggalnya.

 

Kajian Unggulan Jangka Panjang

  1. Pengembangan prototive turbin air dan turbin angin yang mampu beoperasi sesuai dengan potensi energi yang ada di Kalimantan Selatan serta.
  2. Mematenkan model-model turbin air dan angin yang sudah di inovasi dan dikembangkan.
  3. Mematenkan proses pembuatan bahan organik dan non organik menjadi energi alternatif.
  4. Mengimplementasikan hasil-hasil kajian ke pada masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pemanfaatan energi terbarukan.

RENCANA KERJASAMA

        Rencana kerja sama yang akan dilakukan adalah :

  1. Kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Barabai untuk mengembangkan pembangkit listik tenaga air
  2. Kerjasama dengan pemerintah Balangan mengembangkan pembangkit listik tenaga air
  3. Kerjasama dengan pemerintah Kota Baru untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga angina